6 Aplikasi Android Jarang Digunakan Wajib Dihapus dari Ponsel Anda

Copot pemasangan atau nonaktifkan jenis aplikasi Android ini untuk membersihkan dan membuat ponsel cerdas Anda lebih aman.

Beberapa di antaranya senyaman mengunduh aplikasi di ponsel. Terlepas dari kebutuhan Anda, Google Play Store mungkin memiliki aplikasi untuk itu. Namun, kemudahan ini juga bisa memperlambat atau menunda ponsel.

Selama bertahun-tahun, ponsel Anda telah mengumpulkan sejumlah besar aplikasi, beberapa di antaranya Anda gunakan setiap hari, tetapi banyak lainnya memakan debu dan meletakkannya di laci aplikasi, tetap seperti semula. Dalam panduan ini, mari kita lihat 8 aplikasi berbeda yang perlu dihapus dari ponsel Anda.

1. Aplikasi Bloatware Terinstal

Jika ada satu hal yang tidak disukai oleh semua pengguna Android dengan suara bulat, itu adalah virus. Beberapa aplikasi pra-instal berguna, tetapi aplikasi yang tidak Anda gunakan perlu dihapus. Perlu diingat bahwa kulit Android yang berbeda mengandung jumlah malware yang berbeda. Beberapa ringan, seperti OxygenOS dan Pixel UI, sementara yang lain berat, seperti One UI dan MIUI.

Perlu diketahui juga bahwa beberapa aplikasi Android pra-instal merupakan bagian integral dari kulit Android mereka dan tidak dapat dihapus. Namun, Anda dapat menonaktifkan aplikasi yang tidak diinginkan dan menghentikannya agar tidak berjalan di latar belakang.

2. Aplikasi layanan lama saat ini Tertanam

Android telah berkembang jauh sejak diperkenalkan pada tahun 2008. Pada saat itu, fitur-fitur ini tidak ada di dalamnya, jadi Anda harus mengunduh aplikasi utilitas seperti senter, pemindai QR, perekam layar, pemutar media, dan sakelar peredupan secara terpisah. perangkat Anda.

Untungnya, keadaannya jauh lebih baik sekarang. Terutama jika Anda menggunakan stok Android, Anda mungkin perlu mengunduh aplikasi utilitas yang hampir terpecahkan. Jadi, jika Anda masih memiliki aplikasi utilitas yang saat ini berlebihan di ponsel Anda, inilah saatnya untuk menghapusnya.

3. Aplikasi Produktivitas yang Ketinggalan Zaman

Seperti halnya aplikasi utilitas, Anda mungkin memiliki beberapa aplikasi produktivitas lama dengan aplikasi Google Workspace seperti Gmail, Google Keep, Dokumen, Spreadsheet, Slide, Meet, dan Kalender.

Google membuat aplikasi sangat produktif sehingga Anda tidak perlu mencari di tempat lain. Selain itu, sebagian besar aplikasi ini sudah diinstal sebelumnya di semua smartphone Android, jadi tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga yang lebih lama.

4. Aplikasi Produktivitas

Kami telah menjelaskan secara rinci mengapa aplikasi Performance Booster buruk untuk Android. Tetapi jika Anda tidak punya waktu untuk membaca semuanya, inilah intinya. Aplikasi produktivitas seperti pembersih RAM, penghemat baterai, dan pengoptimal game membuat perangkat Anda kurang bermanfaat dan lebih berbahaya daripada menguntungkan.

Baca Juga: 4 Aplikasi Android Terbaik untuk Membantu Anda Menulis lagu

Aplikasi pembersih RAM berlebihan karena banyak proses yang dihentikan secara otomatis dimulai ulang tepat setelah ponsel diperlukan untuk fungsi normal. Selain itu, saat berikutnya Anda membuka aplikasi yang ditutup paksa, pemuatannya akan memakan waktu lebih lama daripada jika Anda tidak melakukan apa pun.

Sebagian besar smartphone Android saat ini memiliki mode penghemat baterai yang jauh lebih baik daripada solusi pihak ketiga, jadi aplikasi penghemat baterai tidak akan membantu. Hal yang sama berlaku untuk pengoptimal game. Terima kasih atas kerja sama Anda dan kami akan segera menghapus aplikasi ini.

5. Aplikasi Duplikat Ganda yang Melakukan Fungsi yang Sama

Ponsel seringkali memiliki beberapa aplikasi yang menjalankan fungsi yang sama. Ini termasuk browser, aplikasi pencatat, aplikasi cadangan, aplikasi perpesanan, dan banyak lagi. Dalam beberapa kasus, dua aplikasi ganda dengan sifat yang sama menawarkan fitur yang sangat berbeda juga. Dalam hal ini, mungkin masuk akal untuk mempertahankan keduanya.

Namun, jika salah satu aplikasi Anda jelas lebih baik, maka Anda perlu mencopot pemasangan aplikasi yang kurang bermanfaat. Misalnya, jika Anda menggunakan perangkat Galaxy, Anda harus memilih antara Samsung Internet dan Google Chrome sebagai browser seluler Anda. Buang apa yang menurut Anda tidak berguna.

6. Penggunaan aplikasi media sosial secara berlebihan

Lihat, saya tidak ingin terdengar seperti nenek Anda di sini, tetapi media sosial menghabiskan banyak waktu Anda. Di Amerika Serikat, orang beralih di antara aplikasi media sosial yang berbeda selama rata-rata lebih dari dua jam sehari. Jumlahnya terus meningkat setiap tahunnya.

Jika pekerjaan Anda tidak mengharuskan Anda, menghabiskan begitu banyak waktu di media sosial tidak baik untuk Anda dan bahkan dapat menyebabkan kecanduan media sosial. Jika memungkinkan, hapus instalan aplikasi yang paling banyak menghabiskan waktu.