Apa itu F-Droid dan apakah bisa menggantikan Google Play Store?

F-Droid adalah toko aplikasi Android alternatif yang menjual aplikasi sumber terbuka dan gratis. Jadi bisakah Anda menggunakannya untuk menggantikan Google Play Store?

Ketika orang memikirkan toko aplikasi Android, kebanyakan dari mereka memikirkan Google Play. Itu datang pra-instal pada sebagian besar perangkat Android.

Tetapi jika Anda tidak ingin merapikan tempat tidur Anda dengan Google, ingin menjaga privasi Anda, atau ingin tetap menggunakan perangkat lunak sumber terbuka dan gratis, sumber lain muncul di benak Anda: F-Droid.

Bisakah F-Droid menjadi cara utama Anda untuk mengunduh aplikasi Android? Untuk semakin banyak dari kita, jawabannya adalah ya!

Apa itu F-Droid?

F-Droid merupakan proyek non profit yang dijalankan oleh para relawan yang sudah ada sejak tahun 2010. F-Droid sebenarnya bukan toko aplikasi karena tidak ada aplikasi yang tersedia untuk dibeli. Ini lebih dari sekadar repositori perangkat lunak seperti yang umum di distribusi Linux.

F-Droid adalah katalog aplikasi, serta kode sumber aplikasi yang dapat Anda unduh tanpa membuat akun.

Meskipun Anda dapat mengunduh aplikasi sebagai file APK langsung dari situs web F-Droid, cara yang disarankan adalah mengunduh klien F-Droid.

Seperti Play Store, aplikasi F-Droid berfungsi sebagai tempat untuk mengunduh aplikasi baru, melihat aplikasi yang diinstal, dan mengelola pembaruan. Anda dapat mengunduh pembaruan secara manual atau menunggu pemberitahuan cepat.

Apakah F-Droid aman digunakan?

Untuk menginstal F-Droid, Anda harus mengaktifkan penginstalan APK pihak ketiga, juga dikenal sebagai unduhan yang tidak dipublikasikan. Android akan mengeluarkan peringatan yang agak mengerikan tentang kemungkinan risiko. Namun dalam banyak hal, F-Droid sebenarnya jauh lebih aman digunakan daripada Play Store.

Ini karena Anda memerlukan akun Google dan perangkat dengan Layanan Google Play untuk mengakses Play Store, yang berarti Anda harus berbagi banyak informasi dengan Google.

Selain itu, sebagian besar aplikasi, termasuk sebagian besar aplikasi yang direkomendasikan di beranda Play Store, melacak Anda dalam beberapa cara.

Google Play tidak hanya gagal memperingatkan Anda tentang bahaya memasang aplikasi tertentu, tetapi juga secara aktif mendorong Anda ke arah itu.

Anda dapat dengan mudah menemukan diri Anda dalam situasi di mana Anda berbagi lokasi dan kontak dengan perusahaan yang berbeda hanya dengan mencoba aplikasi yang direkomendasikan oleh Play Store.

Anda bahkan mungkin menemukan diri Anda meluncurkan aplikasi yang memberi Anda pop-up dangkal yang tidak sengaja Anda klik.

BACA: Cara menonaktifkan Update Aplikasi otomatis di Android

Software yang ada di F-Droid adalah semua software yang dikompilasi oleh tim F-Droid menggunakan source code, jadi bisa dipastikan software yang ditawarkan adalah open source dan tidak ada yang mencurigakan.

Bahkan menyoroti segala bentuk pelacakan potensial atau penggunaan kode tidak bebas sebagai fitur penanggulangan dan memberi peringatan bahwa “aplikasi ini berisi fitur yang mungkin tidak Anda sukai.”

Aplikasi apa yang dapat Anda temukan di F-Droid?

Aplikasi di F-Droid cenderung utilitarian daripada menarik atau finansial. Karena Android dan F-Droid telah ada selama bertahun-tahun, Anda dapat menantikan semua jenis gadget.

Ada cara untuk membuat catatan, membuat daftar tugas, mengelola foto, mengedit foto, dan melacak keuangan Anda.

Sebagian besar aplikasi dalam daftar aplikasi produktivitas sumber terbuka terbaik kami dan aplikasi perpesanan teks sumber terbuka terbaik untuk Android tersedia di F-Droid serta Google Play.

Karena banyak pengguna dan anggota F-Droid sadar akan keamanan, ada banyak aplikasi untuk mengelola kata sandi, mengirim pesan aman, terhubung ke VPN, dan mengunci perangkat.

Anda juga dapat menemukan aplikasi yang terintegrasi dengan baik dengan layanan online gratis dan terbuka seperti Nextcloud.

Haruskah saya menggunakan F-Droid?

Menggunakan F-Droid adalah tweak, tetapi jika Anda dapat menggunakannya sebagai toko aplikasi utama Anda, Anda akan mendapatkan perangkat Android yang lebih pribadi dan aman. Di sisi lain, jika Anda tidak ingin melakukannya tanpa aplikasi di Google Play, manfaatnya menjadi kurang.

Lagi pula, sebagian besar perangkat lunak di F-Droid juga ada di Play Store, sehingga mengurangi kebutuhan untuk menginstal toko aplikasi terpisah.

Kemampuan untuk beralih ke F-Droid dengan mudah tidak ada hubungannya dengan aplikasi yang tersedia, melainkan bagaimana Anda ingin menggunakan ponsel cerdas Anda.