Apakah Android Launcher Pihak Ketiga Aman Digunakan?

Memasang peluncur adalah salah satu cara termudah untuk menyesuaikan ponsel Android Anda. Tapi apakah mereka aman? Inilah yang perlu Anda ketahui tentang pemicu.

Peluncur Android pihak ketiga adalah salah satu bagian paling menarik dalam menggunakan perangkat Android. Ini memberikan cara yang penuh warna dan intuitif untuk menggunakan ponsel Anda sambil juga menghilangkan tampilan default ponsel cerdas Anda.

Tapi ini bukan hanya tentang penampilan, peluncur dapat mengubah pengalaman Android Anda secara drastis. Dari mempermudah navigasi hingga memberi Anda akses ke fitur sehari-hari yang sangat berguna, ada banyak hal yang ditawarkan peluncur pihak ketiga.

Namun, terlepas dari semua keuntungan yang ditawarkannya, menggunakan peluncur pihak ketiga terkadang membutuhkan biaya. Jadi apakah aman menggunakan peluncur pihak ketiga di ponsel Android Anda?

Masalah Keamanan dan Privasi

Menggunakan aplikasi pihak ketiga di ponsel Android Anda adalah risiko privasi. Setelah Anda memberikan izin aplikasi untuk mengakses file tertentu dan melakukan tindakan tertentu pada perangkat Anda, banyak kesalahan dapat terjadi.

Pengembang aplikasi dapat bertindak jahat jika mereka mau, dan tidak banyak yang dapat dilakukan oleh OS Android untuk menghentikannya. Aplikasi galeri dapat mencuri foto pribadi Anda, aplikasi keyboard dapat mencuri kata sandi dan informasi kartu kredit Anda.

Aplikasi papan ketik dapat menyimpan kata sandi Anda karena mereka memiliki izin untuk melacak semua yang Anda ketik.

Demikian juga, aplikasi Galeri Anda memiliki izin untuk mengakses semua file media Anda. Sayangnya, risiko foto atau kata sandi Anda dicuri tidak ada artinya dibandingkan dengan risiko menggunakan driver pihak ketiga yang berbahaya.

Karena sifat peluncur Android, mereka mungkin diizinkan untuk melakukan tindakan ekstensif yang dapat membahayakan semua data ponsel Anda. Dengan menggunakan serangkaian add-on yang biasanya diminta untuk diunduh, operator memiliki izin untuk melakukan apa pun di perangkat Anda.

Android LAuncher pihak ketiga yang dapat Anda percaya

Kembali ke pertanyaan, apakah aman menggunakan peluncur pihak ketiga? Ya, selama Anda tetap berpegang pada opsi sumber terbuka tepercaya. Meskipun menggunakan peluncur pihak ketiga tidak diragukan lagi berisiko, beberapa aplikasi peluncur telah ditinjau secara publik dan aman digunakan.

Beberapa peluncur open source yang bagus yang layak dipertimbangkan termasuk Kiss Launcher, Zen Launcher, Olauncher, dan Emerald Launcher.

Saat menggunakan peluncur open source, sangat sulit bagi pengembang untuk memasukkan aktivitas jahat ke dalam aplikasi peluncur tanpa ditandai oleh pengembang lain.

BACA: Apa itu F-Droid dan apakah bisa menggantikan Google Play Store?

Begitu juga launcher seperti Microsoft Launcher, Nova Launcher, Apex Launcher dan Smart Launcher dibuat oleh vendor ternama yang umumnya dianggap aman. Jika Anda adalah orang yang sederhana, sebelumnya kami telah mengumpulkan pilihan peluncur Android sederhana untuk Anda coba.

Hati-hati dengan Pemain Android pihak ketiga

Mengingat tingkat akses yang biasanya mereka miliki di ponsel cerdas Anda, menjadi korban peluncur berbahaya bisa sangat menghancurkan. Meskipun Anda akan menemukan banyak peluncur perangkat lunak gratis yang menawarkan fitur menarik, penting untuk tetap menggunakan yang dapat Anda percayai.

Hindari peluncur yang terlihat seperti klon tergesa-gesa dari peluncur premium populer mana pun dan beri perhatian khusus pada pengembang yang membuatnya. Luangkan waktu untuk memeriksa bagian “Hubungi Pengembang” di halaman toko aplikasi peluncur Anda dan hindari peluncur yang tidak ada di Play Store bila memungkinkan.