Cara mengganti Google Play Service di Android dengan MicroG

Apakah Anda ingin mencopot pemasangan Google untuk ponsel Android Anda? Berikut cara memasang microG, alternatif sumber terbuka untuk Google Play Service.

Banyak dari kita sekarang mencari cara untuk menghilangkan ketergantungan pada Google, tetapi untuk Android, ini dapat berarti melepaskan akses ke semua perangkat lunak yang tersedia di Google Play. Bahkan aplikasi yang tidak berasal dari Play Store masih sering mengandalkan layanan Google Play. Apakah ini berarti bahwa semuanya hilang?

Dimana ada kemauan disitu ada jalan. microG adalah opsi yang, meskipun bukan pengganti lengkap untuk Layanan Google Play, mungkin cukup baik untuk melakukan apa yang Anda inginkan.

Apa itu mikroG?

Android secara teknis adalah sistem operasi sumber terbuka dan gratis, tetapi versi yang Anda temukan sudah diinstal sebelumnya di sebagian besar ponsel dan tablet tidak. Ini karena Google dan produsen perangkat lain menyediakan lapisan kode kepemilikan tertutup di atas basis Android.

Google Play Service adalah salah satu lapisan tersebut. Itu datang dengan perangkat apa pun yang datang dengan Google Play Store. Banyak, jika bukan sebagian besar, aplikasi dari Play Store memerlukan Layanan Google Play agar berfungsi.

Jika Anda menginstal ROM kustom, Anda akan mendapatkan bagian open source Android tanpa bit tambahan dari Google. Anda memiliki opsi untuk menambahkan kode Google, tetapi banyak orang memasang ROM khusus secara khusus untuk mengurangi kehadiran Google dalam kehidupan mereka.

BACA: Layanan Google Play Terhenti – Begini Cara Mengatasi Dengan Benar

Tangkapannya adalah ini berarti menghapus banyak aplikasi yang tidak ada hubungannya dengan Google.

Beberapa aplikasi sumber terbuka didasarkan pada Layanan Google Play, yang berarti Anda memerlukan lapisan kode khusus untuk menjalankan aplikasi sumber terbuka pada sistem operasi sumber terbuka. Di sinilah microG datang untuk menyelamatkan.

microG adalah aplikasi sumber terbuka dan gratis untuk Layanan Google Play. ROM microG khusus dapat meniru fungsionalitas yang cukup yang disediakan oleh Layanan Google Play untuk membuat banyak dari aplikasi ini berfungsi kembali.

Ini memungkinkan Anda untuk menggunakan aplikasi tertentu saat Anda tidak perlu lagi memiliki akun Google yang terkait dengan ponsel Anda.

Bagaimana mikroG bekerja.

Google Play Service bukan merupakan bagian terpisah dari Perangkat Lunak. Untuk mereproduksi berbagai aspek teknologi ini, microG terdiri dari beberapa komponen.

  1. Kode Layanan (GmsCore): Menyediakan fungsionalitas yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi yang menggunakan Layanan Google Play atau Google Maps Android API (versi 2).
  2. Services Framework Proxy (GsfProxy): Mengizinkan aplikasi yang menggunakan Google Cloud to Device Messaging (C2DM) untuk menggunakan layanan Google Cloud Messaging yang kompatibel yang disertakan dengan GmsCore.
  3. Penyedia UnifiedNIp: Menyediakan Wi-Fi dan layanan lokasi berbasis menara seluler untuk aplikasi yang menggunakan penyedia lokasi jaringan Google.
  4. Maps API (Mapsv1): Menyediakan fungsionalitas yang sama dengan Google Maps API (v1) yang lama.

Semuanya sangat teknis. Jika Anda ingin lebih detail, Anda dapat menemukan penjelasan lebih rinci dari masing-masing komponen ini di situs web microG, tetapi jika tidak, Anda tidak perlu khawatir.

Bagaimana Cara Mendapatkan MikroG?

Cara termudah untuk mendapatkan microG adalah dengan membeli ponsel dengan microG yang sudah diinstal sebelumnya. Ada beberapa opsi, seperti ponsel Murena dari /e/Foundation atau Pixel yang dimodifikasi dari Calyx Institute.

Jika Anda sudah familiar dengan cara menginstal custom ROM di ponsel Android Anda, cara termudah berikutnya adalah menginstal custom ROM yang sudah menyertakan microG. Berikut beberapa contohnya:

  • LineageOS For microG
  • OmniROM
  • CalyxOS

Perhatikan bahwa meskipun LineageOS mendukung sebagian besar perangkat, versi yang dipanggang microG adalah garpu tidak resmi yang tidak dimiliki oleh proyek LineageOS. Baik proyek OmniROM dan CalyxOS menyediakan dukungan microG resmi dan disertakan sebagai bagian dari ROM, tetapi mereka mendukung jumlah perangkat yang jauh lebih kecil. Bagi banyak pengguna, LineageOS akan menjadi satu-satunya pilihan.

Jika Anda sudah menginstal ROM khusus, atau jika Anda lebih nyaman menginstal microG secara terpisah, itu juga merupakan opsi.

Ini lebih rumit, memerlukan ROM yang dilengkapi dengan pemalsuan tanda tangan yang dipanggang, atau bagi Anda untuk menambal ROM untuk mendukung pemalsuan tanda tangan. Anda kemudian dapat menginstal F-Droid, menambahkan repositori microG F-Droid, dan menginstal aplikasi yang diperlukan, yang file APK-nya juga dapat Anda temukan di halaman unduhan microG.