Cara Menggunakan Mode Mengemudi di Asisten Google

Aplikasi Android Auto untuk layar ponsel telah diganti dengan mode mengemudi Asisten Google. Berikut cara mengatur dan menggunakannya.

Jika Anda tidak mendapatkan catatan tersebut, Google telah mengganti aplikasi Android Auto dengan mode mengemudi Asisten Google. Anda memiliki smartphone Android yang cukup modern, Anda dapat menggunakan mode mengemudi Google Assistant – dan Anda tidak perlu mengunduhnya melalui Play Store, seperti Android Auto.

Jika Anda tidak terbiasa dengan Mode Mengemudi Asisten Google, teruslah membaca untuk mengetahui cara menggunakannya.

Apa itu mode mengemudi di Asisten Google?

Mode Mengemudi Asisten Google pertama kali diumumkan di Google I/O 2019 dan diluncurkan secara internasional pada tahun 2021. Menurut Google, jika Anda ingin menggunakan mode mengemudi Google Assistant, Anda memerlukan smartphone dengan RAM. Kapasitas 4GB-nya diatur ke versi Android 9.0. dan lebih tinggi.

Tidak seperti Android Auto, yang seharusnya kompatibel dengan beberapa mobil dan stereo, mode mengemudi Asisten Google dapat bekerja dengan kendaraan apa pun.

Ini karena Anda tidak perlu menampilkan layar ponsel cerdas Anda di layar infotainment mobil Anda jika Anda menggunakan mode mengemudi Asisten Google. Namun, Anda dapat mengaktifkan opsi ini jika diinginkan.

Manfaat lain dari mode mengemudi adalah Anda dapat mengontrol antarmuka dengan perintah suara; Ini membantu Anda tetap fokus mengemudi. Bahkan jika Anda menerima teks atau panggilan masuk, Asisten Google dapat membacanya untuk Anda tanpa mengganggu layar navigasi.

Tentu saja, Anda juga dapat mengakses aplikasi media seperti YouTube, Spotify, VLC, dan Google Podcast saat menggunakan mode mengemudi Asisten Google. Namun dibandingkan dengan Android Auto, aplikasi mode mengemudi Asisten Google lebih kecil (tidak berantakan) dengan peta yang lebih besar, sehingga Anda tidak mudah terganggu. Mode mengemudi hanyalah salah satu dari banyak fitur yang perlu dijelajahi di Google Assistant.

Cara Mengaktifkan Mode Mengemudi dengan Perintah Suara

Anda dapat mengaktifkan mode mengemudi Asisten Google dengan perintah suara. Inilah yang perlu Anda lakukan.

  1. Buka aplikasi Asisten Google di ponsel Android Anda.
  2. Ucapkan “Ok Google, ayo pergi”. Atau, Anda dapat mengucapkan, “Ok Google, aktifkan mode mengemudi”.
  3. Saat Anda berada dalam mode mengemudi Asisten Google, Anda dapat pergi ke bagian aplikasi dan mengklik ikon pintasan. Anda harus membaca Menambahkan Mode Mengemudi ke Layar Utama.
  4. Setelah Anda mengaturnya, Anda akan dapat mengakses mode mengemudi Asisten Google langsung dari layar beranda.

Cara Mengaktifkan Mode Mengemudi Secara otomatis

Anda juga dapat mengatur mode mengemudi untuk memulai segera setelah ponsel Anda terhubung ke sistem Bluetooth mobil Anda atau saat Anda mulai mengemudi.

  1. Buka aplikasi Asisten Google di ponsel Android Anda.
  2. Ucapkan “Ok Google, buka setelan Asisten”.
  3. Atau, Anda dapat membuka pengaturan ponsel Anda, gulir ke bawah dan pilih Google.
  4. Kemudian pilih opsi “Pengaturan” untuk aplikasi Google dan ketuk “Cari”, “Asisten” dan “Suara” untuk menemukan pengaturan Asisten Google.
  5. Gulir ke bawah, ketuk “Kendaraan” dan pilih opsi “Mode Berkendara” di bagian bawah layar.
  6. Jika Anda ingin Mode Mengemudi aktif secara otomatis, Anda dapat memilih Aktifkan Mode Mengemudi di bawah Saat terhubung ke Bluetooth mobil Anda. Atau, Anda dapat memilih opsi “Tanya sebelum peluncuran” di bawah “Saat Mengemudi Terdeteksi”.

BACA: Cara Menonaktifkan Asisten Google di Android, Chromebook dan Smartphone Google

Cara Mengaktifkan Mode mengemudi melalui Google Maps

Kasus penggunaan ketiga untuk mode mengemudi adalah menavigasi Google Maps. Pertama, Anda perlu mengaktifkan fitur ini.

  1. Di Google Maps, buka Setelan > Setelan Navigasi > Setelan Asisten Google dan aktifkan “Saat menavigasi Google Maps”.
  2. Buka Google Maps dan masukkan tujuan Anda di kotak pencarian.
  3. Klik “Mulai Navigasi” dan mode mengemudi Asisten Google akan diluncurkan.