Cara Menonaktifkan Asisten Google di Android, Chromebook dan Smartphone Google

Jika Anda tidak ingin Asisten Google mendengarkan Anda sepanjang waktu, Anda dapat menonaktifkannya di ponsel, Chromebook, dan smart speaker.

Asisten virtual seperti Alexa Amazon, Siri Apple, dan Asisten Google dirancang untuk membuat hidup kita sedikit lebih mudah. Namun, mungkin sulit untuk menghilangkan perasaan bahwa kita sedang didengarkan sepanjang waktu.

Meskipun mudah untuk memiliki asisten virtual yang siap membantu Anda merencanakan hari Anda, ada baiknya mengetahui bahwa Anda juga dapat menonaktifkan Asisten Google kapan saja. Berikut cara mematikan Google Assistant di perangkat Android, Chromebook, atau Google Smart.

Cara Menonaktifkan Asisten Google di Android

Ada dua cara untuk menonaktifkan dan menonaktifkan Google Assistant di ponsel Android Anda. Yang pertama menghapus Google Assistant sebagai aplikasi asisten digital default, sedangkan yang kedua menonaktifkan Google Assistant sepenuhnya dari akun Google Anda.

Cara menonaktifkan Asisten Google sebagai asisten default

  1. Buka pengaturan ponsel Anda dan buka bagian “Aplikasi”.
  2. Pilih Pilih aplikasi default.
  3. Pilih aplikasi asisten digital.
  4. None.

Jika Anda memiliki asisten digital lain yang terinstal di ponsel Anda, seperti Alexa atau Bixby, Anda juga dapat mengaturnya sebagai aplikasi default jika Anda mau. Cukup ikuti langkah-langkah di atas dan pilih aplikasi di langkah terakhir.

Cara menonaktifkan Asisten Google sepenuhnya

  1. Buka aplikasi Google di ponsel Anda.
  2. Pilih opsi “More Ovals” di sudut kanan bawah.
  3. Buka “Pengaturan” dan pilih “Asisten Google”.
  4. Gulir ke bawah ke Pengaturan Umum.
  5. Setel sakelar Asisten Google ke Mati.

Dengan menonaktifkan asisten internal ponsel Anda, serta menonaktifkan Asisten Google di akun Google Anda, sekarang Anda dapat memastikan bahwa Google tidak lagi mendengarkan Anda dari saku Anda.

Cara Menonaktifkan Asisten Google di Chromebook

Meskipun Anda tidak dapat sepenuhnya menghapus Asisten Google dari Chromebook, Anda dapat mematikannya hanya dengan beberapa klik.

  1. Gulir ke bawah ke jam Anda di bagian bawah layar dan pilih untuk membuka menu.
  2. Dari sini pilih ikon roda gigi untuk membuka pengaturan.
  3. Dalam pengaturan, buka menu kiri dan pilih “Pencarian dan asisten”.
  4. Dari sini, Anda akan dapat melihat apakah Asisten Google diaktifkan atau dinonaktifkan di perangkat Anda.
  5. Untuk mematikan Asisten Google di Chromebook, cukup matikan sakelar sakelar.

Cara menonaktifkan Asisten Google di Samartphone Google

Membuat perangkat pintar Anda berpikir bahwa Anda sedang berbicara dengannya ketika Anda tidak sedang berbicara bisa sangat membuat frustrasi. Sementara “Ok Google Stop” akan merusak perintah apa pun, mudah untuk menonaktifkan Asisten Google sepenuhnya jika terus aktif secara tidak sengaja.

Semua perangkat pintar Google seperti Google Home dan Google Nest memiliki tombol atau sakelar bisu bawaan. Meskipun Anda mungkin tidak dapat sepenuhnya menghapus Asisten Google dari perangkat pintar Google Anda, tombol bisu akan memungkinkan Anda untuk mematikan kemampuan mendengarkannya.

BACA: Cara menonaktifkan Update Aplikasi otomatis di Android

Meski letak tombol mute bervariasi, biasanya sangat mudah ditemukan dan biasanya terdapat di bagian bawah atau belakang perangkat.

Jika Anda tidak ingin menonaktifkan Google Assistant sepenuhnya, tetapi ingin berhenti mendengarkan perintah pada waktu tertentu dalam sehari, Anda dapat menggunakan fitur idle Google. Saat menganggur, perangkat Anda tidak akan lagi mendengarkan atau menerima perintah, tetapi akan tetap aktif dan masih mengontrol perangkat rumah pintar yang terhubung.

  1. Buka aplikasi Google Home.
  2. Pilih “Rumah” lalu pilih rumah yang diinginkan.
  3. Buka Pengaturan dan cari Kesehatan Digital.
  4. Jika Anda tidak ingin menyetel filter apa pun, pilih Lewati.
  5. Anda kemudian akan memiliki opsi untuk memilih perangkat yang ingin Anda atur jadwalnya.
  6. Kemudian pilih hari Anda ingin waktu henti aktif.
  7. Terakhir, klik “Berikutnya” lalu pilih waktu mulai dan waktu berakhir untuk waktu henti.

Menciptakan rumah pintar yang sempurna

Teknologi rumah pintar bisa rumit, tetapi juga bisa sangat berguna. Sebelum Anda mulai menonaktifkan Google Assistant di semua perangkat Anda, ada baiknya untuk melihat apa itu Google Assistant dan bagaimana ia mendengarkan Anda dan menggunakan data Anda.

Dengan pengelolaan dan pemahaman yang cermat tentang berbagi data, sangat mungkin untuk membangun rumah pintar impian Anda tanpa mengorbankan privasi pribadi Anda.