Google menawarkan $90 juta Kepada Pengembang Aplikasi Android untuk Menyelesaikan Gugatan Class Action

Sekitar 48.000 pengembang aplikasi akan memenuhi syarat untuk mendapatkan kompensasi jika disetujui.

Dalam upaya untuk menyelesaikan gugatan kelompok dan menghindari proses pengadilan selama bertahun-tahun, Google menawarkan kompensasi sebesar $90 juta kepada pengembang aplikasi Android.

Gugatan itu diajukan kembali pada Agustus 2020 dan menuduh Google secara salah membangun dan mempertahankan monopoli di pasar AS atas biaya distribusi Android dan transaksi produk dalam aplikasi. Google juga dituduh menggunakan kekuatannya untuk “mencegah persaingan yang akan menguntungkan semua pengembang aplikasi Android.”

Pengembang AS diwakili oleh Hagens Berman Sobol Shapiro LLP, yang mengajukan gugatan class action serupa terhadap Apple tahun lalu.

kata Steve Berman (buka di jendela baru), Managing Partner dan Co-Founder Huggins Berman. “Bergantung pada kesepakatan penyelesaian kami, ada kemungkinan bahwa beberapa anggota kelas akan menerima pembayaran dalam ratusan ribu dolar, lebih dari $200.000 atau lebih.”

BACA: 5 Tips untuk Menggunakan Google Kalender di Android

Jika pengadilan menyetujui penyelesaian yang diusulkan, pembayaran minimum yang diterima oleh setiap pengembang adalah $250. Dalam posting blog (terbuka di jendela baru), Wakil Presiden Pemerintah dan Kebijakan Publik Google Wilson White menyatakan bahwa dana $90 juta akan mendukung pengembang AS yang memperoleh $2 juta atau kurang dalam pendapatan tahunan melalui Google Play antara 2016 dan 2021.  Setiap pengembang yang memenuhi syarat untuk mendapatkan uang akan diberitahu jika ini terjadi.

Poin putih untuk perubahan terbaru yang dibuat oleh Google yang “membantu pengembang berinovasi dan terhubung dengan pengguna mereka”. Ini termasuk mengurangi tingkat komisi aplikasi dari 30% menjadi 15% untuk satu juta dolar pertama dalam pendapatan tahunan yang dihasilkan oleh Play Store. Perjanjian Distribusi Pengembang juga ditinjau untuk memperjelas bahwa pengembang dapat berkomunikasi dengan pengguna di luar aplikasi mereka menggunakan informasi yang diperoleh dalam aplikasi.

Kami juga dapat mengharapkan Google untuk membuat “sudut aplikasi mandiri” yang akan muncul di tab Aplikasi di beranda Google Play AS. Ini akan menampilkan aplikasi dari pengembang independen dan perusahaan rintisan kecil yang menawarkan apa yang dianggap Google sebagai “aplikasi unik dan berkualitas tinggi.”

Apa yang terjadi selanjutnya ada di tangan Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Utara California, tetapi petisi pra-persetujuan mengatakan: “Di bawah penyelesaian yang diusulkan, pengembang ini harus menerima pembayaran tunai yang substansial selain manfaat struktural yang Google Play Store akan meningkat di masa depan dan membantu pengembang mencapai pendapatan yang lebih baik dari aplikasi dan produk yang disematkan.”