Layanan Google Play Terhenti – Begini Cara Mengatasi Dengan Benar

Melihat kesalahan Layanan Google Play Terhenti di Android? Cari tahu cara memperbaikinya dengan mengikuti langkah pemecahan masalah di bawah ini.

Pesan kesalahan “Layanan Google Play service terhenti” bukanlah masalah besar. Kami telah mengumpulkan 6 solusi tercepat dan termudah ketika Play Store berhenti bekerja.

Kami sangat menyarankan Anda mengikuti langkah-langkah ini secara berurutan. Mulai dengan buah gantung sederhana sebelum beralih ke opsi yang lebih kompleks. Harap dicatat bahwa tips dalam panduan ini tidak akan berlaku jika Anda telah memodifikasi Android dengan custom ROM.

Apa penyebab Layanan Google Play Terhenti?

Hampir semua kerusakan Play Store disebabkan oleh perangkat lunak atau masalah jaringan yang buruk.

Namun, ada pengecualian penting: versi Play Store yang salah dapat diunduh ke perangkat Anda. Karena Play Store terhubung ke perangkat (atau prosesor tertentu), versi yang salah membuat Google Play tidak dapat digunakan.

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti

Mari kita mulai dengan cara paling umum dan termudah untuk memperbaiki Layanan Google Play jika terus berhenti sebelum melanjutkan ke langkah yang lebih lanjut.

1. Mulai ulang perangkat Android Anda

Langkah ini mungkin tampak jelas, tetapi kami tidak mencoba menyinggung Anda. Mematikan dan menghidupkan kembali perangkat Anda dapat memperbaiki sebagian besar masalah Play Store.

Untuk memulai ulang perangkat Android Anda:

  • Tekan dan tahan tombol daya hingga menu shutdown muncul.
  • Pilih ikon matikan.
  • Setelah perangkat benar-benar mati, hidupkan kembali dengan menekan tombol Daya.
  • Buka Play Store dan lihat apakah masalah Anda telah teratasi.

2. Perbarui Play Store dan layanan Google.

Terkadang masalah dapat terjadi karena versi Google Play atau Kerangka Layanan Google yang kedaluwarsa. Karena itu, Anda harus mencari pembaruan untuk keduanya ketika Anda mengalami masalah.

  • Buka Aplikasi Google Play Store.
  • Klik ikon profil Anda yang terletak di sudut kanan atas menu Play Store, di sebelah kanan bilah pencarian.
  • Klik Manajemen Aplikasi & Perangkat dan Anda akan melihat daftar pembaruan yang tertunda. Klik “Perbarui Semua” untuk memperbarui semua aplikasi lama Anda.
  • Ini harus memperbarui Kerangka Layanan Google jika pembaruan tersedia.
  • Jika diinginkan, buka menu di sebelah kiri dan klik “Pengaturan”. Gulir ke bawah halaman dan klik Versi Play Store untuk memeriksa versi Google Play Store Anda.
  • Nyalakan ulang perangkat Anda dan luncurkan Play Store lagi.

BACA: Aplikasi Task Android Paling Banyak Diminati 2022

3. Beralih dari data seluler ke Wi-Fi (atau sebaliknya)

Jika koneksi internet Anda buruk, Anda mungkin melihat kesalahan “Sayangnya, Play Store telah berhenti berfungsi”. Dalam beberapa kasus, Anda tidak akan melihat pesan kesalahan sama sekali. Dalam kasus lain, Play Store mungkin macet di tengah unduhan atau menolak untuk diluncurkan sama sekali.

Either way, memperbaiki ini cukup mudah. Jika Anda menggunakan Wi-Fi, beralihlah ke jaringan seluler atau coba jaringan nirkabel lain. Jika Anda menggunakan data seluler, alihkan ke Wi-Fi.

4. Ubah waktu dan tanggal

Layanan Google Play mungkin macet jika pengaturan waktu dan tanggal salah. Perbaikannya sangat sederhana:

  • Open “Pengaturan” dan pilih “Sistem”.
  • Pilih tanggal dan waktu dari daftar.
  • Pilih kotak centang Gunakan waktu yang disimpan di jaringan jika belum diaktifkan. Pastikan perangkat Anda memilih waktu yang tepat.
  • Jika Anda masih mengalami masalah, coba atur waktu secara manual dengan mematikan fitur otomatis dan mengklik Setel Waktu.
  • Mulai ulang perangkat Anda dan coba Play Store lagi.

5. Hapus data dan cache Layanan Google Play

Google Play Store dan aplikasi Layanan Google Play (aplikasi Kerangka Layanan Google tidak lagi muncul sebagai aplikasi terpisah) mendukung aplikasi Google. Jika ada yang salah dengan Google Play, kami sarankan Anda menghapus data dari kedua layanan dan memulai ulang ponsel Anda.

Perhatikan bahwa opsi Hapus Data juga menghapus “cache” yang menyimpan data aplikasi sementara. Berikut adalah langkah-langkah dasarnya:

  • Buka Pengaturan > Aplikasi & pemberitahuan > Lihat semua aplikasi X dan temukan Google Play Store.
  • Pada halaman aplikasi, pilih “Penyimpanan” dan kemudian “Hapus penyimpanan” atau “Hapus data”.
  • Ulangi proses ini untuk Layanan Google Play. Anda mungkin harus mengeklik tombol menu di pojok dan memilih “Tampilkan Sistem” untuk membukanya.

6. Atur ulang perangkat Anda ke pengaturan pabrik.

Reset pabrik akan mengembalikan perangkat Anda ke keadaan semula. Ini berarti bahwa itu akan kembali ke versi asli Play Store dan aplikasi lain dan hampir pasti akan menyelesaikan masalah Anda.

Sayangnya, ini juga akan mengakibatkan hilangnya semua data di ponsel Anda, termasuk aplikasi, foto, teks, dan lainnya. Jika Anda memilih opsi ini, pastikan untuk mencadangkan ponsel Android Anda terlebih dahulu.

Untuk mem-boot ulang perangkat Anda, sambungkan ke sumber daya, lalu ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pergi ke pengaturan.
  • Klik Sistem > Opsi Lanjutan > Atur Ulang Opsi.
  • Pilih “Hapus semua data (reset pabrik)”.
  • Klik “Hapus Semua” di menu berikutnya.
  • Ikuti langkah-langkah untuk menyiapkan perangkat Anda lagi.

Layanan Google Play masih tidak berfungsi?

Pesan kesalahan Layanan Google Play terhenti sulit diperbaiki jika metode yang diberikan di sini tidak berfungsi. Dalam beberapa kasus, produsen berbiaya rendah memasang salinan Play Store ilegal di ponsel mereka untuk menghindari membayar biaya sertifikasi Google (Cara memverifikasi sertifikat perangkat Android). Terkadang perangkat ini kehilangan akses ke Google Play seiring waktu.

Beberapa orang telah berhasil memperbaiki masalah Play Store dengan me-rooting perangkat mereka dan mengabaikan salinan pribadi Play Store. Tetapi bagi kebanyakan orang, mungkin yang terbaik adalah menginstal alternatif Play Store dan melanjutkan.