5 Tips untuk Menggunakan Google Kalender di Android

Google Kalender dipasang di sebagian besar ponsel Android, tetapi apakah Anda memanfaatkannya sepenuhnya? Jika belum, simak tips penting ini.

Google Kalender adalah aplikasi sederhana namun serbaguna yang telah diinstal sebelumnya di sebagian besar ponsel Android. Mereka membantu Anda mengatur hidup dan pekerjaan Anda sehingga Anda tidak pernah melewatkan momen, dan berbagai fitur yang tersedia berarti Anda benar-benar dapat menyesuaikan pengalaman pengguna Anda.

Berikut adalah beberapa alat yang dapat Anda gunakan dengan Kalender Google untuk mengubah ponsel cerdas Android Anda menjadi teman yang sempurna. Pelajari kiat-kiat ini dan dapatkan hasil maksimal darinya.

1. Tetapkan tujuan dan Pencapaian

Buka aplikasi Google Kalender di Android dan ketuk tombol plus di kalender Anda. Dari sini, Anda dapat membuat empat hal: tujuan, pengingat, tugas, atau acara.

Mari kita mulai dengan tombol target. Fungsi ini hanya menjadwalkan sesi yang akan dieksekusi dan mencapai target yang ditentukan.

Anda dapat memilih salah satu dari lima tujuan:

  • latihan
  • pengembangan keterampilan
  • keluarga dan teman
  • waktu adalah milikku
  • mengatur hidupku

Setiap item memberi Anda lebih banyak pilihan, termasuk kemampuan untuk membuat tujuan Anda sendiri. Pada akhirnya, Anda dapat memilih seberapa sering dan berapa lama Anda ingin sesi berlangsung, serta jam berapa dalam sehari.

Sebelum menyetujui pengaturan Anda, buka tab Lanjutan, yang memungkinkan Anda mengubah warna target dan memilih apakah Anda ingin menerima pemberitahuan cerdas sebelum dan sesudah setiap sesi.

Kemudian, Google Kalender secara otomatis mengatur sesi Anda sesuai dengan jadwal Anda. Untuk mengedit apa pun yang Anda tambahkan ke tabel Anda, cukup pilih dan klik ikon pena. Ikon tiga titik di sebelahnya juga memungkinkan Anda menghapus entri.

2. Buat dan Sesuaikan Pengingat

Pada tombol plus, tekan “Ingatkan” untuk membuka fungsi di Android. Di bidang Ingatkan saya…, masukkan sesuatu yang tidak ingin Anda lupakan. Kemudian putuskan apakah Anda ingin selalu ada di kalender Anda atau jika Anda ingin aplikasi mengingatkan Anda pada tanggal tertentu.

Terakhir, pilih seberapa sering Anda ingin diingatkan atau tidak ingin diingatkan. Klik “Simpan” dan Google Kalender akan menambahkan pengingat baru.

Anda dapat mengedit pengingat individual dengan memilihnya lalu mengklik ikon pena. Tetapi untuk menyesuaikan warna semua pengingat, ketuk ikon menu dan pilih Pengaturan > Pengingat. Anda mendapatkan pilihan warna yang bagus untuk disesuaikan dengan berbagai kesempatan.

3. Mengatur dan Mengelola tugas

Opsi Tugas sangat mirip dengan generator pengingat. Satu-satunya perbedaan adalah Anda mendapatkan dua bidang informasi: tambahkan alamat dan tambahkan detail. Ini memungkinkan Anda untuk memperkaya setiap tugas yang Anda tetapkan untuk diri sendiri.

BACA: Cara Menggunakan Mode Mengemudi di Asisten Google

Kemudian pilih saja waktu yang Anda inginkan untuk lansiran muncul dan apakah Anda ingin mengulanginya. Klik “Simpan” dan tugas Anda sudah siap. Anda dapat mengedit tugas seperti hal lain dengan ikon pena dan mengubah warnanya melalui Pengaturan > Tugas.

4. Buat acara

Untuk jadwal harian Anda, Anda akan ingin menggunakan opsi “acara”. Ada dua cara untuk membuat acara Google Kalender di Android, seperti agenda rapat yang efektif untuk tim Anda. Anda dapat menggunakan tombol plus atau memilih hari dan waktu di kalender Anda, kemudian sebuah bidang akan muncul untuk diperluas dan diisi.

Jalan mana pun yang Anda pilih, pada akhirnya Anda akan terlihat sama di tempat yang Anda bisa:

  • Nama dan deskripsi acara Anda
  • Pilih tanggal dan waktu
  • Undang orang dan lihat jadwal mereka
  • Tambahkan aksesori
  • Tambahkan konferensi video
  • Pilih lokasi
  • Menyetel notifikasi
  • Pilih warna untuk acara

Simpan pengaturan dan acara akan muncul di kalender Anda dan Anda dapat menyesuaikannya sesuka Anda. Anda juga dapat mengulang acara dengan memilihnya lalu mengklik menu tiga titik.

Jalur Pengaturan > Acara menawarkan beberapa alat lain selain skema warna. Anda dapat memilih untuk menambahkan notifikasi untuk acara secara umum atau hanya untuk acara sepanjang hari. Di bawah Pengaturan> Umum, ada juga tab durasi acara default yang memungkinkan Anda untuk mengatur durasi sesi di kalender Anda, dari 15 menit hingga 120 menit.

5. Tampilkan Ulang Tahun dan Hari Libur

Google Kalender akan secara otomatis mengisi jadwal Anda dengan hari libur dan ulang tahun untuk kontak Anda. Dalam pengaturan, Anda dapat mengakses opsi penyesuaian untuk kedua item ini.

Misalnya, pada hari ulang tahun, Anda dapat mengubah warnanya dan mengaktifkan atau menonaktifkan kontak. Pada hari libur, Anda juga dapat memilih warna yang berbeda. Atau, klik tab yang menampilkan negara Anda dan tambahkan negara lain. Anda juga dapat memilih rentang liburan yang ingin Anda lihat.